Cetak Operator Boiler Handal, PPSDM Migas Adakan Pelatihan Operator Boiler

Operator Boiler Kelas 1 merupakan operator yang memegang kendali sistem kerja Boiler pada tingkat 1 yang artinya boiler atau pesawat uap tersebut memiliki kapasitas lebih dari 100 ton. Ketel Uap (Boiler) adalah alat untuk menghasilkan uap air, yang akan digunakan untuk pemanasan atau tenaga gerak. 

Operator Boiler hanya dapat dilakukan oleh orang yang cakap, kompeten, dan menguasai pengoperasian boiler dengan baik dan aman. Oleh karena itu, PPSDM Migas menyelenggarakan pelatihan Operator Boiler Kelas 1, guna mencetak sumber daya manusia yang kompeten dalam mengoperasikan boiler. 

Pelatihan tersebut dilaksanakan pada Senin (12/12/22). Materi yang diberikan meliputi pembahasan tentang Boiler dan Operasinya, Fungsi Appendages Boiler, hingga Praktik Boiler yang dipaparkan secara online melalui Zoom Meeting oleh Soegianto, salah seorang pengajar di PPSDM Migas yang berkompeten di bidangnya. 

Pada sesi materi Fungsi Appendages Boiler (alat-alat perlengkapan ketel uap/boiler), Soegianto menjelaskan berbagai tujuan pemasangan Appendages.

‚ÄúPemasangan Appendages di antaranya bertujuan untuk memberi operator rasa aman pada saat pengoperasian; dan mempermudah proses pengawasan operasi boiler bagi pengawas. Sementara bagi perusahaan, pemasangan Appendages bertujuan untuk memberi rasa aman pada operator, pengawas operasi, dan semua orang yang berkepentingan‚ÄĚ, ujarnya.

Usai sesi materi, peserta kemudian melakukan diskusi, guna lebih memahami materi yang telah dijelaskan oleh pengajar, sehingga diharapkan seluruh peserta mampu menjadi Operator Boiler yang cakap, kompeten, dan menguasai pengoperasian boiler dengan baik dan aman.