Wajib Ketahui Bahaya yang Muncul di Tempat Kerja, ASN Kementerian ESDM Ikuti Pelatihan ini


Dilihat : 195 Kali | 03-06-2021 11:10:30

Pekerja memiliki peran strategis dalam pembangunan dan sebagai agent of change membudayakan hidup sehat dalam keluarga, sekaligus memiliki risiko terpapar bahaya di tempat kerja yang dapat mempengaruhi status kesehatan dan produktivitas kerja.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) merupakan unit kerja yang berfokus pada pengembangan SDM sektor migas yang mempunyai sarana dan prasarana baik dari hulu, hilir dan penunjang migas yang mempunya resiko bahaya.

Untuk itu, PPSDM Migas telah berpengalaman untuk mengadakan pelatihan K3 Perkantoran  karena dapat telah mengimplementasikan secara langsung bagaimana menghandle berbagai macam situasi dan kondisi di lingkungan kantor, laboatorium, kilang pengolahan PPSDM Migas, serta sistem pembangkit listrik.

Seperti diketahui, tempat kerja adalah tempat di mana orang berkumpul. Rata-rata orang bekerja di kantor selama kurang lebih 8 jam per hari. Terdapat banya pekerjaan di tempat kerja, di mana setiap pekerjaan pasti memiliki risiko dan bahaya, yang semuanya itu dapat menimbulkan Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan Kecelakaan Akibat Kerja (KAK). 

Martono, pengajar pelatihan ini menjelaskan bahwa pelatihan ini ditujukan khusus untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan diikuti oleh 38 ASN dari satuan kerja Direktorat Jenderala Energi Baru dan Terbarukan dan Konservasu Energi (EBTKE), Badan Geologi, Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Geologi ESDM, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM), BPH Migas, serta Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi.

“Peserta yang mengikuti pelatihan K3 Perkantoran ini setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan untuk mempu memahami bahaya – bahaya di kegiatan perkantoran. Selain itu, mereka juga harus memahami bahaya listrik house keeping serta meningkatkan awareness K3 di tempat kerja,” ungkapnya.

Pelatihan yang diadakan secara daring ini mengupas materi tentang General Office Safety, Ergonomik, Penggunaan Bahan Kimia Hazcom, Electrical Safety, Kimia Api, APAR, House Keeping, serta Emergency Response/Evacuation.