Petrogas (Basin) Ltd Percayai PPSDM Migas Didik Pekerjanya


Dilihat : 5 Kali | 13-07-2021 13:49:56

Operator K3 Migas harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan dasar – dasar keselamatan dan kesehatan kerja (K3) rutin dalam bidang migas berdasarkan pada pemahaman prosedur/instruksi kerja.

Oleh sebab itu, PPSDM Migas bekerja sama dengan Petrogas (Basin) Ltd dengan menyelenggarakan pelatihan Operator Keselamatan dan Kesehatan Kerja Petrogas, yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yakni dimulai pada hari Senin, 12 juli 2021 sampai dengan hari Selasa, 13 Juli 2021 yang diikuti oleh pekerja dari Petrogas (Basin) ltd.

Selama 2 (dua) hari mengikuti pelatihan ini, para peserta mendapatkan materi berupa Kimia Api dan Teknik Pemadaman, Peraturan UU K3, Dasar K3, APAR, APD & SCBA, Hose Connection.

Parnoto, salah satu pengajar dalam pelatihan tersebut, menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberi bekal pengetahuan kepada peserta pelatihan tentang teori dan praktik Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Senin (12/07/2021).

“Kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini para peserta mampu memahami     dasar - dasar K3, jenis alat pelindung diri dan cara - cara penggunaannya, melakukan identifikasi  bahaya dalam usaha mencegah kecelakaan akibat kerja”, tutur Parnoto.

Parnoto juga menambahkan bahwa setelah mengikuti pelatihan ini, akan dilanjutkan dengan ujian sertikasi Operator Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Aminullah, salah satu peserta pelatihan juga mengungkapkan hal senada bahwa setelah mengikuti pelatihan ini banyak sekali ilmu yang didapatkan mulai dari teknik pemadam kebakaran, ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Senin (12/07/2021).

“Disini kami mendapat pengalaman yang luar biasa  dengan mempejari tentang Teknik pemadaman kebakaran mulai dari awal mula dari terjdinya kebakaran sampai dengan cara memadamkan api, dan ilmu yang diajarkan sangat menunjang pekerjaan kami di lapangan” pungkas Aminullah. (hms/rzk)