Tingkatkan Pemahaman Sistem Manajemen HSE, ASN KESDM Ikuti Pelatihan HSE Management di PPSDM Migas


Dilihat : 14 Kali | 12-07-2021 11:22:25

Health Safety Environment atau disingkat HSE merupakan bagian di perusahaan yang bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kesehatan kerja serta pengelolaan lingkungan. Terlebih di sektor minyak dan gas bumi yang mempunyai resiko tinggi sehingga semua orang yang berkecimpung di dunia migas harus mempunyai pengetahuan dasar mengenai HSE ini.

PPSDM Migas (Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi) menyelenggarakan pelatihan HSE Management selama tiga hari dimulai pada hari Senin (12/07/2021) secara daring.

Salah satu pengajar pada pelatihan ini, Martono menyebutkan bahwa setelah pelatihan ini peserta diharapkan mampu memahami persyaratan Sistem Manajemen HSE, Memahami kebijakan-kebijakan perusahaan/ institusi yang perlu dituangkan dalam dokumen Sistem Manajemen HSE secara benar dan komprensif.

“Selain memahami tentang konsep HSE, Peserta juga diharapakan mampu untuk memahami pelaksanaan Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko (IBPR) dan menyusun Tujuan serta Program untuk menerapkan OHSAS 18001:2007,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Martono juga menambahkan bahwa pelatihan ini juga untuk memahami pelaksanaan aspek dan dampak terhadap lingkungan. Serta tak kalah pentingnya adalah menerapkan Sistem Manajemen HSE dan memahami “Continuous Improvement” dalam implementasi Sistem Manajemen HSE pada perusahaan/ institusi.

“Pada pelatihan ini peseta juga akan mendapatkan materi tentang Pengantar HSE dalam Organisasi, Peraturan dan Perundang-undangan terkait HSE, Persyaratan-Persyaratan HSE, Identifikasi Resiko Bahaya K3 dan Identifikasi dan Evaluasi Aspek Lingkungan,” ujarnya.

“Yang ingin kami tekankan adalah agar tercipta awareness untuk mencegah insiden yang mungkin terjadi selama operasional kerja dan mengurangi efek samping yang dihasilkan oleh operasional perusahaan,” tutupnya.