ConocoPhillips Asah Kompetensi Juru Ikat Beban di PPSDM Migas


Dilihat : 5 Kali | 14-07-2021 11:20:52

PPSDM Migas di masa pandemi terus bersinergi dengan salah satu perusahaan minyak, ConocoPhillips (Grissik) Ltd mengadakan pelatihan Juru Ikat Beban untuk para pekerjanya.

Rigger atau Juru ikat adalah seorang Tenaga Kerja yang memiliki & mempunyai kemampuan secara khusus dalam melakukan sebuah kegiatan pengikatan.

Sektor migas, erat kaitannya dengan kegiatan pengikatan dengan menggunakan Sling, Sling serat alam ataupun sling serat sintetik, dan juga sling rantai atau sling baja. Sehingga dapat membantu dalam kelancaran operasi pengangkatan barang / benda yang diangkat.

Sedikit saja kesalahan dalam kegiatan rigging, maka bisa dipastikan dapat menyebabkan adanya kecelakaan dalam kerja entah itu beresiko kecil atau besar.

Untuk itu Dheny Prima Kurniawan, salah seorang pengajar pada pelatihan ini menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan agar juru ikat beban menjadi seorang yang kompeten di bidangnya.

“Iya tentu saja untuk membantu terpenuhinya kebutuhan tenaga juru ikat beban yang kompeten sehingga mampu melaksanaan pekerjaannya dengan mengedepankan aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang handal dan meminimalisir kecelakaan kerja selama melakukan pekerjaannya,” ungkapnya.

Selama dua hari pelatihan ini peserta akan mendapatkan materi tentang K3 Industri Migas, Keselamatan Kerja Rigging, Dasar Rigging dan Teknik Pengikatan Beban, Pengetahuan Alat Bantu Angkat, Material Handling & Hand Signal serta Praktek/Peragaan Kegiatan Rigging.

“Kami mengharapkan agar peserta memiliki tingkat kualifikasi jabatan sesuai dengan tingkat kedalaman dan keluasan pengetahuan, keterampilan, tanggung jawab dan wewenangnya,” tutup Dheny pada pelatihan yang dimulai pada hari Selasa (13/06/21) ini.